Selasa, 17 Juli 2012

Kepribadian-Kepribadian Seorang Inovator

Semua tipe kepribadian memiliki peranan penting dalam mengembangkan ide, mendorongnya direalisasikan ke jaringan perusahaan, membangun strategi, serta eksekusi dan implementasi.

Inilah lima kepribadian inovator yang dikutip dari Forbes:

1. Penggerak dan pengguncang

Dengan pendorong kepribadian yang kuat,corang ini adalah pemimpin. Target dan reward memotivasi mereka dengan kuat, namun insentif utama bagi orang berkepribadian kuat adalah ide untuk menciptakan warisan dan memiliki pengaruh atas orang lain.

Mereka termasuk orang yang suka berada di depan, mengepalai proyek untuk maju (dan mungkin mempromosikan diri mereka dalam proses tersebut). Namun pada waktunya mereka akan melakukan tekanan agar sesuatu bisa selesai. Di lain sisi, mereka dapat menjadi sedikit sombong dan tidak sabar dengan kerja tim.

Penggerak dan pengguncang cenderung berada di bidang strategi dan risiko perusahaan, ekuitas swasta dan industri media, dalam perusahaan skala menengah. Meskipun mereka merupakan 22 persen dari total jumlah eksekutif yang disurvei di perusahaan-perusahaan yang berpendapatan US$ 25 juta hingga US$ 1 miliar, penggerak dan pengguncang bisa mencakup hingga sepertiga dari total eksekutif.

2. Peneliti

Gigih dan terbuka untuk semua hal, kepribadian peneliti mungkin kombinasi sempurna untuk menciptakan ide baru melalui berbagai tahapan dan eksekusi. "Dimana ada kemauan maka ada jalan," adalah kalimat terbaik untuk menggambarkan mereka.

Mereka orang yang perfeksionis dan cenderung gila kerja. Kebanyakan dikarenakan besarnya dedikasi mereka, mengorbankan waktu dan bekerja keras untuk menemukan sebuah ide atau inisiatif yang belum terungkap. Mereka memiliki kebanggan yang dalam atas prestasinya, namun juga menikmati berbagi keahlian dengan orang lain.

Anehnya, mereka jarang menjadi Direktur Utama atau Direktur Operasional. Dari survei, hanya 14-15 persen saja.

3. Bintang Kelas

Mereka adalah orang yang baik pada semua hal. Mampu membangun citra personal, menonjolkan diri dan mendapatkan kesan baik dari guru, mengidentifikasi teman dan koleganya kemudian menempatkan mereka pada manfaat terbaik mereka. Bagaimana pun orang dengan kepribadian ini akan selalu mampu bangkit. Bahkan ketika budaya perusahaan ditumpuk ke mereka.

Tidak mengejutkan, jika CEO adalah orang yang cenderung di masa kecilnya merupakan bintang kelas.

4. Pengendali

Tidak nyaman dengan risiko, seorang pengendali berkembang pada struktur dan menghindar dari proyek yang samar-samar. Di atas segalanya, mereka lebih suka memegang kendali pada domain mereka sendiri dan ingin melihat segala sesuatu pada tempatnya.

Sebagai mitra, mereka bukanlah pemain tim atau jejaring. Seorang pengendali ingin mengendalikan segala sesuatu di sekeliling mereka.

5. Pengikut atau Penurut

Eksekutif dengan karakter ini hadir untuk membawa semua orang kembali menjadi realistis dan membumi serta menambatkan mereka pada kenyataan. Ibarat di sebuah piring makan, penurut atau pengikut adalah bayam yang hanya disukai oleh sedikit orang namun sangatlah penting untuk melengkapi nutrisi makanan.

Seperti pengendali, para pengikut tidak menyukai lingkungan yang tidak tersetruktur, mereka cenderung mengambil satu langkah lebih jauh, menggunakan kebijaksanaan konvensional, serta mencoba dan memastikan sesuatu yang baru dan belum teruji.

Anda termasuk pada kepribadian yang mana?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar