Rabu, 27 Juni 2012

Tips Membeli Notebook Bekas

Apakah Anda sedang mencari notebook? Notebook yang baru atau notebook bekas alias seken? Mungkin jika Anda membeli notebook yang baru harganya akan mahal. Bagaimana jika kali ini Anda membeli yang bekas?

Membeli notebook seken bukan berarti kualitas notebook tersebut terbatas. Notebook seken juga layak untuk digunakan. Hanya saja, kebanyakan modelnya sudah tidak tren lagi. Walaupun begitu, tetap berguna dan masih bisa dipakai bagi Anda yang ingin berhemat. Lantas, notebook seken seperti apa yang berkualitas?

Sebuah notebook bekas memang kondisinya tidak seutuhnya masih baik. Namun ada beberapa kriteria mengenai notebook seken yang berkualitas. Kondisinya masih 80% bagus dari kualitas awal, tidak pernah terkena virus, masih mampu mengerjakan beberapa program dasar notebook, tidak pernah terjatuh, dan merupakan barang yang asli.

Kriteria-kriteria tersebut bisa diamati secara kasat mata, kecuali kriteria pernah terjatuh. Terkadang para penjual tidak pernah menyebutkan hal ini. Siasati dengan melihat kondisi notebook secara seksama.

Alasan Orang Membeli Notebook Bekas

Membeli notebook yang bekas bukan berarti Anda mengabaikan kualitas notebook tersebut. Ada beberapa hal yang menjadi alasan mengapa orang membeli yang bekas. Berikut beberapa alasan tersebut.

Pertama, kondisi keuangan yang tidak memungkinkan. Walaupun notebook sudah bukan menjadi barang mewah lagi, namun harganya masih tetap tinggi. Hanya kalangan atas saja yang mampu membeli. Oleh sebab itu, para kalangan menengah ke bawah membeli notebook seken.
Kedua, produk notebook dari setiap merek cepat sekali berganti. Jika sudah begitu, pilihan orang jatuh pada notebook yang bekas. Hal yang paling penting ketika Anda membeli notebook seken adalah mereknya.

Merek dari sebuah notebook sangat mempengaruhi kualitas dan kuantitasnya. Mengapa hal tersebut terjadi? Karena notebook dari merek yang terkenal memiliki kelebihan dalam segi ketahanan batere.

Walaupun bekas, tapi notebook masih bisa bertahan untuk waktu sekitar 2-3 jam. Notebook yang ketahanan baterenya kuat berasal dari merek Toshiba, Apple, dan Accer. Memang, untuk harga notebook merek tersebut lebih mahal dibandingkan dengan merek notebook yang lain. Meski begitu, bukan berarti merek yang lain kualitasnya buruk.

Setiap merek notebook memiliki kelebihannya sendiri. Untuk notebook merek Apple terkenal dengan ketajaman warnanya. Notebook yang ukurannya tipis, Acer juaranya. Samsung terkenal dengan kualitas suaranya.

Apapun jenis notebook seken yang Anda pilih, sesuaikanlah dengan kebutuhan Anda. Jangan terpengaruh oleh harga yang murah. Walaupun Anda membeli notebook seken, kualitasnya tak terbatas. Lalu, dimanakah Anda bisa membeli notebook bekas yang berkualitas?

Tempat Notebook Bekas

Ada berbagai pilihan tempat yang menjual macam-macam notebook bekas. Sebut saja Glodok Plaza, Jakarta Notebook, dan Elektronik City. Setiap tempat penjualan notebook ini memiliki kelebihan masing-masing.
Notebook seken yang ditawarkan biasanya masih dalam kondisi yang bagus dan harganya pun cukup terjangkau. Selain itu, notebook yang dijual merupakan barang yang terjamin keasliannya. Walaupun sudah tidak memiliki garansi lagi, notebook bisa diperbaiki di tempat tersebut. Namun Anda dikenakan biaya tambahan.

Jika Anda membeli notebook seken di Glodok Plaza, notebook yang dijual sangat beragam, mulai dari merek, harga, dan tipenya. Tak hanya itu, notebook buatan Cina pun membanjiri pasaran tempat ini. Untuk notebook yang bekas dari Cina, harganya lebih miring dari harga yang lainnya. Produk dari Cina memang terkenal harganya murah.
Glodok Plaza juga menerima penjualan notebook yang Anda beli sebelumnya. Sedangkan jika Anda membeli notebook seken di Elektronik City, merek  yang ditawarkan lebih banyak lagi macamnya. Merek-merek seperti Apple, Accer, Toshiba, Samsung, IBM, HP Compaq, Asus, Ienovo, dan Dell bisa Anda pilih.

Disamping itu, karena konsepnya berupa pameran, Anda dapat dengan mudah membandingkan harga dan kualitas notebook yang satu dengan yang lainnya. Keuntungan lainnya adalah perbaikan notebook yang dibeli tanpa dikenakan biaya tambahan. Ini berlaku selama tujuh hari setelah tanggal pembelian. Menarik bukan?

Terakhir ada Jakarta Notebook. Hampir sama dengan tempat yang lain, merek-merek terkenal notebook bekas dapat Anda temui. Kelebihan membeli notebook di tempat ini adalah harganya. Harga yang ditawarkan bersaing dan merupakan harga yang termurah.
Kualitas notebook bekasnya pun terjamin. Tak hanya itu, Anda bisa memesan produk yang Anda inginkan. Tapi, disarankan Anda teliti membeli notebooknya, karena kadangkala tampilan luar masih bagus tapi softwarenya kurang memuaskan. Untuk kisaran harga berbagai merek sangat bervariasi, antara 1 juta sampai 5 juta rupiah. Semakin besar memorinya, harganya akan semakin tinggi.
Untuk notebook bekas merek Asus, Ienovo, dan Dell harganya berkisar antara 1 juta-3 juta rupiah. Sedangkan kisaran harga merek Apple, Accer, Toshiba, dan Samsung berada dikisaran 3 juta-5 juta rupiah. Harga yang bersahabat bukan?

Untuk notebook bekas buatan Cina, harganya bisa lebih murah dari kisaran harga yang lain. Jika Anda berminat untuk membeli aksesoris notebook semuanya ada disini. Ada notebook bag, notebook desk, dan notebook skin. Jangan khawatir mengenai harga. Aksesoris notebook tersebut sangat terjangkau.

Jadi, meskipun Anda membeli notebook yang bekas bukan berarti tampilannya tak bagus. Percantik tampilan notebooknya dengan berbagai macam aksesoris yang menarik. Notebook seken pun serasa notebook baru. 

Tips Belanja Notebook Bekas

Semakin berkembangnya teknologi semakin berkembang pula kebutuhan manusia akan alat teknologi tersebut. Begitu pula halnya dengan notebook. Semakin hari, semakin bertambah pula permintaan konsumen terhadap sejumlah notebook, baik yang baru atau bekas.
Intinya, penggunaan notebook sedang menjadi tren saat ini. Para pegawai dan pelajar banyak yang menggunakan notebook. Oleh sebab itu, bermunculan merek-merek notebook yang menawarkan persaingan harga. Tapi, tetap saja harganya masih melambung tinggi.

Saat ini, membeli notebook bekas menjadi alternatif pilihan yang lebih disukai. Selain harganya terjangkau, kualitasnya juga tidak terlalu buruk. Asalkan pintar memilih barang, Anda bisa mendapat notebook yang baik.
Membeli notebook yang bekas bukan berarti membeli sembarangan. Jika Anda memutuskan untuk membelinya, pertimbangkanlah kelebihan dan kekurangan dari notebook tersebut. Terkadang hal ini perlu dilakukan untuk menghindari kesalahan dan kerugian. Berikut tips membeli notebook bekas yakni:
  • Kunjungi toko-toko yang menjual notebook bekas secara resmi, seperti Glodok Plaza, Jakarta Notebook, atau Electronik City.
  • Beli notebook seken di toko yang menjual ragam jenis notebook yang banyak. Anda bisa membandingkan model, kualitas, dan harga.
  • Beli notebook yang kondisinya minimal 80%. Hal ini untuk menghindari kerusakan software yang berlebihan.
  • Pilihlah jenis notebook dengan merk dagang yang sudah terjamin kualitasnya seperti Apple, Accer, Toshiba, LG, Samsung, HP, IBM, dan Dell.
  • Hindari membeli notebook seken dengan harga yang paling murah. Kemungkinan terjadi kerusakan yang lebih parah pada notebook tersebut.
  • Cek kondisi notebook yang akan Anda beli.
  • Jika memungkinkankan, carilah info mengenai notebook yang akan Anda beli di situs resmi penjualan.
  • Tanyakan kepada penjual notebook batas pengembalian barang yang rusak. Ini untuk menghindari kerugian konsumen.
Nah, bagaimana informasi belanja notebook bekas di atas? Semoga bermanfaat bagi Anda. Bijaklah dalam mempergunakan uang Anda. Selamat berbelanja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar