Kamis, 28 Juni 2012

Tips Membuka Toko Ponsel


Ponsel alias telepon genggam merupakan salah satu alat komunikasi yang mudah dibawa kemana-mana. Kehadirannya semakin banyak karena model dan fiturnya yang beragam. Tak heran, jika toko ponsel di Indonesia kerap ditemui di mana-mana.

Toko ponsel tentunya beragam. Baik counter-counter pulsa yang menjual ponsel, atau pun toko khusus ponsel saja. Keluarnya model baru ponsel memang begitu cepat. Di setiap bulannya  pasti ada keluaran terbaru, dengan berbagai fitur yang dijagokan. Maraknya model baru tersebut ditambah minat masyarakat yang besar berdampak pada banyaknya toko handphone.

Strategi dalam Membuka Toko Ponsel

Menanggapi hal tersebut, usaha ponsel memang terbilang menggiurkan. Usaha ini menjadi incaran para usahawan. Ya, dengan membuka toko ponsel, para penjualnya dijanjikan keuntungan yang tak sedikit.

Jika hendak membuka toko ponsel, baiknya Anda menyediakan model lengkap agar mampu memenuhi kebutuhan khalayak. Sebagian orang menyukai ponsel berukuran besar, kecil, lancip, kotak, hingga model yang tak biasa sekali pun seperti lonjong atau bundar. Modal yang besar memang dibutuhkan dalam membuka toko ponsel ini. Semurah-murahnya harga ponsel, setidaknya akan mengurangi  ketebalan isi dompet.

Dalam usaha ponsel ini, sebaiknya jangan dilakukan secara stengah-setengah agar dapat meraih keuntungan yang optimal. Minat masyarakat akan model baru ponsel dapat dijadikan peluang bagi Anda dalam mengepakan sayap bisnis perponselan. Ukuran toko yang memadai, fasilitas display ponsel yang Anda jajakan pun merupakan modal yang dperlukan ketika hendak membuka toko ponsel.

Selain itu, sebaiknya didukung dengan sarana pemasaran seperti disediakannya banner-banner yang bertengger di toko ponsel Anda. Hal itu untuk mencuri perhatian khalayak untuk datang ke toko Anda. Toko ponsel pun memerlukan penerangan atau tata lampu yang menarik, guna menimbulkan kesan “mewah” pada ponsel yang dipajang.

Upaya-upaya untuk menarik minat pembeli tentunya harus Anda pikirkan. Jangan bosan untuk melakukan terobosan-terobosan baru dan diiringi dengan strategi jitu. Ragam taktik nan menarik perhatian pembeli akan mempengaruhi omset Anda di kemudian hari.
Selain itu, manjakan pula konsumen dengan pelayanan prima. Anda tak memiliki kecukupan modal materil untuk menyulap toko menjadi lebih luar biasa? Anda bisa menjadikan sebuah pelayanan sebagai modal yang bisa diunggulkan. 

Pelayanan Terbaik di Toko Ponsel

Kepedulian Anda terhadap konsumen merupakan excellent service yang mungkin tak ditemukan di tempat lain. Dengan demikian, tak aneh jika pelanggan Anda kian menjamur dan mengajak konsumen lain untuk mengunjungi toko Anda. Tak dipungkiri informasi dari mulut ke mulut mampu menyebar secara luas.

Ciptakanlah kesan yang baik dari pelayanan toko Anda agar mampu menyedot banyak pelanggan. Dalam mengarungi bisnis ponsel pun diperlukan kesabaran ekstra. Faktor keuangan yang turun naik tentunya menjadi suatu alasan bagi pembeli yang datang.
Membeli ponsel memanglah tak semudah membeli permen. Selain itu, dalam menghadapi pembeli pun Anda harus apik dalam mengenalkan aneka konten ponsel. Konsumen harus puas dan tertarik untuk mengantongi ponsel yang Anda pasarkan.

Kelembapan udara di toko ponsel penting untuk diperhatikan. Barang elektronik sebaiknya disuguhkan suhu yang pas dan sebaiknya tidak lembap. Mesin pada ponsel dapat terpengaruhi kinerjanya jika suhu di sekitarnya kurang mendukung.
Akibatnya memang tak langsung tampak. Namun apa salahnya jika Anda menghindari resiko ini. Anda tentunya harus menyuguhkan barang dengan kualitas terjamin dan menghindari hal-hal yang merugikan pembeli yang sekaligus akan merugikan usaha Anda pula.

Tak sedikit mereka yang membuka toko ponsel pun dibarengi dengan penjualan pulsa, sparepart handphonecharger HP, MP3 unik, atau fitur-fitur lain yang dapat diperjualbelikan. Hal ini akan “lebih” memuaskan konsumen. Selain itu, apa salahnya jika Anda menyediakan sarana gratis agar lebih menarik simpati pembeli.

Konsumen akan dibuat senang dan nyaman dengan kepedulian Anda. Ketika mereka tengah menunggu di toko ponsel Anda, sediakanlah nomor antrian guna menciptakan suatu kedisiplinan. Sediakan santapan ringan seperti permen dan juga air mineral  agar lebih memanjakan mereka. 
Alat pendukung lainnya seperti mikrofon pun mampu membantu Anda dalam menyedot perhatian khalayak. Dengan mengumumkan harga handphone terkini, jenis ponsel yang baru keluar, dan info promo lainnya seperti doorprizeDoorprize ini tak dapat dipungkiri kejituannya dalam mencuri perhatian.

Setiap orang begitu tertarik dengan hadiah. Asal jangan mengiming-iminginya yang tak sesuai fakta. Jika  modal Anda terbatas dalam menyediakan hadiah tertentu, apa salahnya jika menyediakan souvenir ringan seperti pulpen, mug, sarung atau pembungkus HP, jam dinding atau pulsa sekalipun. Sesederhana apapun itu akan mencuri perhatian tersendiri di hati pembeli, hingga mereka pun tak menyesal untuk menjadi pelanggan Anda.

Toko ponsel pun sebaiknya dibuka di  tempat yang strategis. Jangan membuka toko di tempat yang “salah”, sehingga pembeli pun tak kunjung tiba. Misalnya, jangan berjualan ponsel di daerah yang tingkat ekonominya rendah. Jangankan untuk membeli ponsel, untuk membeli kebutuhan pokok pun mereka terengah-engah. Sebaiknya Anda melakukan survey terlebih dahulu sebelum membuka usaha yang ingin dijalankan.

Kegiatan survey ini dapat membantu Anda dalam menaklukan pasar, dengan penjajakan kondisi ruang yang Anda jadikan sebagai tempat usaha. Usaha ponsel memang terbilang menguntungkan, namun kerugian yang ditimbulkan pun dapat menjadi suatu ancaman. Anda pun sebaiknya memperhatikan lokasi penjualan yang terbebas dari ancaman banjir, tindak kriminalitas, atau resiko kebakaran.

Jalankan usaha sebaik-baiknya. Buat perencanaan yang jauh lebih baik daripada usaha yang dijalankan orang lain. Dengan begitu, Anda akan mudah melesat dan melampaui target-target dan menjadi lebih gemilang.

Namun usaha apapun itu pasti ada naik turunnya. Yang harus Anda siapkan tak hanya materil saja. Mental Anda pun turut mempengaruhi “usia” bisnis yang dijalankan. Seorang yang bermodal besar belum tentu sukses menjalankan  usahanya jika tak dibarengi dengan kesiapan mental yang matang.

Tak sedikit dari mereka yang “gulung tikar” diakibatkan ketidaksiapannya menata mental yang profesional. Tak hanya uang yang harus dikelola, tapi pengelolaan mental pun begitu berperan dalam kesuksesan usaha. Anda jangan pernah bosan untuk memanjakan pelanggan.
Pelanggan adalah sumber mata pencaharian Anda. Segala tak-tik jangan bosan untuk dipikirkan, dibarengi dengan aplikasi cerdas sehingga omset Anda pun terus menanjak. Semakin hari Anda mampu bertahan dengan makin bervariasinya ponsel yang ditawarkan.

Membuka toko ponsel tentu berbeda dengan toko lainnya. Bisnis ponsel bukanlah bisnis biasa, sehingga cara yang Anda lakukan pun harus luar biasa. Anda harus pandai mencari informasi dan memperluas jaringan, sehingga bisnis ponsel Anda pun bukan bisnis “abal-abal” yang hanya mampu bertahan beberapa saat saja.

Faktanya, tak sedikit dari mereka yang jualan ponsel “menyerah” atau bangkrut. Anda tentunya tak ingin menjadi bagian dari mereka. “kematangan” Andalah salah satu solusinya. Pastikan toko ponsel Anda aman dari segala hal yang tak diinginkan, dengan menyuguhkan barang yang aman pula untuk diperjualbelikan.

Jika diawali dengan baik, bisnis ponsel ini tentunya akan mendapatkan respon yang baik pula. Jangan ragu untuk mencoba, karena kesuksesan itu tidak didapatkan dengan percuma. Toko ponsel sebaiknya tak sekedar menyuguhkan barang yang oke saja, karena hal itu akan terasa hambar jika tidak dibarengi dengan pelayanan optimal. Selamat menjalankan toko ponsel Anda.

2 komentar:

  1. Gimana cara nyari supplier nya ya? mksdnya untuk orang baru yg mau maen di bisnis ini? soalnya kan dia ga buka2an di inet

    BalasHapus
  2. ya tuch, mohon di bimbing gmana persiapan awal buka toko Ponselnya hib...

    BalasHapus